Tutorial Membuat Daftar Isi Dengan Mudah Dan Cepat

Halo selamat malam pengunjung setia blog saya, kali ini saya bakal share ni. Cara atau tutorial dalam membuat suatu daftar isi yang biasa digunakan untuk pembuatan makalah atau laporan. Kebayang gak gimana kalau subbab yang kita gunakan dalam membuat laporan itu banyak, belum lagi daftar yang lain seperti daftar gambar, daftar tabel, etc.

So, untuk memudahkan dalam pembuatan tugas kita tersebut ada tools yang sudah tersedia di Ms. Word, hanya saja dalam belajar kita perlu adanya usaha, bukan sekedar ilmu itu harus diberi dan juga disuguhkan sampai kekepala kita. Intinya kita harus belajar. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan program Ms. Word yang versi 2013, but easy bro, semua versi Ms. Word ada kok tools ini, jadi jangan ragu untuk mencoba ya. Oh ya, dalam membuat daftar ini tidak harus daftar isi juga, bisa buat daftar gambar, daftar tabel, caption gambar juga lho! Simak tutorialnya ya :)

Tutorial Membuat Daftar Isi

1. Buka dulu aplikasi Ms, Wordnya.

2. Buat judul dari makalah atau laporan yang akan kamu buat.

3. Atur judul tadi menjadi Title di bagian Heading. Setelah dipilih, jangan lupa untuk mengatur kembali lagi formatnya sesuai dengan ketentuan masing-masing. Ex. TNR 12ft Bold.

4. Lalu dibagian Title tadi klik kanan lalu pilih Update to modify.

5. Pembuatan subbab pertama kita pilih apa yg akan menjadi subbab pertama, atur dulu format sesuai dengan ketentuan.

6. Pilih atau klik Heading 1 untuk bagian subbab pertama. Setelah diklik jangan lupa untuk memperbaiki formatnya seperti semula lagi dan Update di heading 1. NB: Jangan lupa untuk mengatur numbering, karna format heading akan disesuaikan dengan numbering yang dibuat.

7. Untuk pembuatan anak subbab pertama tadi juga ditentukan format seperti pembuatan subbab pertama. Namu perbedaan disini adalah yang dipilih yaitu Heading 2. Kenapa heading 2? Karna format numbering antara subbab dengan anak subbab berbeda. Apabila dipilih juga heading 1 untuk anak subbab maka akan menyebabkan numberingnya otomatis 2.1 bukan 2.1.x. Maka update lagi.

8. Jika ingin membuat subbab kedua lagi, makan kita tidak perlu membuat format lagi karna sudah diatur di heading 1. Jadi ketik saja apa yang ingin dibuat dan pilih Heading 1.

9. Untuk pembuatan anak subbab kedua, maka perlu dibuat heading berikutnya. Alasannya sama yaitu agar numbering anak subbab tidak berlanjut dari anak subbab pertama. Pilih heading 3 ditentukan format dan juga update di Heading 3.

10. Untuk selanjutnya apabila anak subbab harap untuk membuat di bagian heading baru dan Heading yang tersedia hanya 9. Jadi be smart memilih mana yang cocok jadi anak subbab.

Tutorial Pembuatan Caption Gambar

1. Masukkan dulu gambar yang akan dijadikan sebuah contoh dimakalah. Saya sekarang hanya menggunakan contoh ya :D

2. Klik gambar yang akan dibuat captionnya. Pilih tab Reference lalu pilih Insert Caption.

3. Setelah muncul maka pilih kata-kata caption untuk gambar yang kita buat. Jika ingin kata-kata lain kita tinggal pilih New Label untuk menambah label atau caption baru. Untuk saat ini saya pilih label Gambar. Klik OK/

4. Setelah muncul caption otomatis yang baru maka kita tinggal mengatur lagi format penulisan captionnya. Jika bab yang kita tulis adalah bab 2, kita hanya menambahkan angka 2 didepan 1. Cth Gambar 2.1 Janina Weigel.

5. Untuk gambar selanjutnya tinggal mengikuti langkah diatas. Sama saja hanya perlu memperbaiki format penulisannya saja.



Tutorial Membuat Judul Tabel

1. Buat dulu tabel yang akan digunakan dalam pembuatan makalah atau laporan.

2. Lakukan block all pada seluruh tabel yang akan dibuat judulnya tadi. Pilih tab reference dan pilih insert caption. Format yang digunakan adalah memilih label Tabel dan Pilih Above selected item agar caption terletak diatas tabel.
3. Setelah dibuat maka lakukan format penulisan untuk Caption tabel dan tambahkan nomor untuk bab didepan nomor urut tabel.

4. Begitu seterusnya hinggal semua tabel dan gambar dibuat captionnya.

Untuk penyusunan seluruh daftar isi tersebut, masuk bagian reference dan pilih Table of Contents. Pilih bagian pertama.

Berikut hasilnya juga beserta halamannya.

Untuk membuat daftar tabel dan gambar, maka pilih bagian Insert table of figures

Pada bagian ini pilih label mana yang akan ditampilkan, misal Gambar dan juga Tabel.


Berikut hasil akhirnya :D

Baiklah cukup sekian tutorial saya kali ini, jika kurang jelas silahkan berkomentar atau hubungi Facebook saya. Insyaallah saya bantu. Jika ada kesalahan mohon dikoreksi :)

3 comments